Herschel Built

Tips Menata Peralatan Dapur yang Banyak agar Lebih Rapi

Seiring berjalannya waktu, jumlah peralatan dapur yang ada di rumah akan meningkat. Hal ini menyebabkan penataan dapur harus dilakukan dengan baik untuk menghindari perabotan yang berantakan di atas meja, di laci, atau di gantungan. Efeknya, dapur jadi terlihat rusuh dan juga sempit.

Kalau Anda bisa menata perabotan dapur dengan baik, ruangan yang awalnya kacau akan menjadi lebih rapi. Bahkan, meski jumlah peralatannya ada banyak, Anda tetap bisa mengatur dan menyiasati tempat penyimpanannya. Kalau Anda sering sulit menata perabotan, simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Desain Dapur Minimalis 2×2 agar Tetap Elegan

1. Memasang Papan di Dinding


Dapur yang minimalis harus dimaksimalkan segala aspek yang ada di dalamnya. Salah satu bagian yang sering diabaikan, tapi memberikan cukup banyak space adalah tembok. Anda bisa memanfaatkan tembok untuk menata peralatan dapur yang tidak cukup ditaruh bawah.

Coba buat papan yang dipasang horizontal dengan panjang dan lebar tertentu. Di bagian bawah terdapat penyangga yang kuat untuk mengangkat papan ini. Setelah terpasang, papan bisa dipakai untuk menumpuk beberapa barang agar bagian bawah masih memiliki banyak space untuk memasak.

2. Memakai Laci untuk Simpan Botol


Selama ini, botol banyak diletakkan di atas meja seperti botol berisi garam, gula, atau bumbu lainnya. Kalau semua diletakkan di atas meja, kemungkinan berantakan akan besar. Untuk itu, coba masukkan ke dalam laci dan menatanya dengan baik. Beri label di bagian botol agar tidak salah ambil.

Kalau Anda memang malas memasukkan dan mengeluarkan botol, hanya keluarkan botol dari bahan yang sering dipakai. Misal hanya mengeluarkan gula, garam, dan lada. Selebihnya bisa disimpan dengan rapi di laci. Selain botol, bumbu lain yang memiliki kemasan juga bisa dimasukkan ke sana.

3. Membuat Gantungan Peralatan Dapur di Samping Kabinet


Bagian samping dari kabinet atau lemari yang ada di dapur umumnya tidak dipakai untuk apa pun. Anda bisa memanfaatkan bagian itu dengan memasang cukup banyak gantungan untuk meletakkan peralatan yang memiliki lubang di bagian atasnya. Jadi, bagian meja atau zona memasaknya jadi lebih bersih.

Pembuatan gantungan di samping kabinet ini juga menyesuaikan dengan space yang dimiliki. Kalau terlalu sempit lebih baik tidak dilakukan. Kalau cukup lebar bisa dipakai pakai juga untuk memasang papan di bagian atas dan gantungan di bawahnya.

4. Membagi Laci untuk Beberapa Peralatan Kecil


Laci bisa dibagi menjadi beberapa bagian di dalam. Masing-masing bagian bisa digunakan untuk menyimpan peralatan dapur. Jadi, saat laci dibuka, tidak akan terlihat kacau atau berantakan di dalamnya. Semua masih tertata sehingga benda yang dicari bisa didapatkan dengan mudah.

5. Menggantung di Bawah Kabinet


Kalau kabinet yang Anda miliki menggantung dan di bawahnya ada ruangan yang cukup besar, coba buat gantungan di bawahnya. Jadi, Anda bisa meletakkan beberapa benda di sana sama tidak mengganggu area untuk memasak dan menyiapkan makanan.

Kalau lokasi kabinet berada tepat di atas tempat masak, lebih baik tidak dipakai. Kalau dipakai akan sangat mengganggu karena akan terus mengenai tangan.

6. Menyediakan Kotak Besar


Peralatan seperti sendok, spatula, dan lainnya umumnya diletakkan di luar karena sering dipakai. Supaya tidak berantakan, Anda bisa menggunakan wadah besar yang muat dipakai untuk memasukkan semua peralatan masak dan makan ini setelah dicuci. Letakkan di satu tempat yang bersih dan mudah dicari.

Wadah besar ini akan membuat peralatan jadi rapi dan tidak berantakan. Anda bisa menggantungnya di dekat tempat cuci piring. Jadi, air sisa cuci bisa mengalir ke bawah dan masuk ke dalam saluran air.

7. Memberi Nama pada Kabinet


Salah satu masalah terbesar saat melakukan penataan atau mengorganisir perabotan dapur adalah letaknya. Kadang saking banyaknya yang dimiliki, kita jadi suka lupa dan saat membutuhkannya harus membongkar banyak sekali barang lalu menatanya kembali. Hal ini akan sangat melelahkan dan buang-buang waktu.

Setelah melakukan penataan, Anda bisa meletakkan semacam stiker atau tulisan tentang apa saja yang disimpan di sana. Jadi, kalau suatu saat membutuhkan alat tertentu, bisa langsung dicari di tempat yang tepat. Cara ini terkesan sepele, tapi bisa menghemat banyak waktu.

Peralatan dapur yang ditata dengan baik akan membuat dapur dengan ukuran sempit terlihat lebih lega. Kalau Anda punya dapur yang lebar, semua tempat bisa dimaksimalkan sehingga di atas meja tidak akan terlalu banyak peralatan yang menggantung atau ditumpuk.

Seni menata peralatan dapur memang tidak bisa dilakukan dengan cepat. Anda harus terbiasa melakukannya setiap hari. Kalau Anda sudah terbiasa menata peralatan di dapur, sebanyak apa pun alat yang dimiliki akan tetap terlihat rapi sehingga saat memasak Anda tidak merasa risi dan mencari apa pun tidak perlu bongkar banyak barang.

Exit mobile version