Herschel Built

Sebelum Beli Shower Kamar Mandi, Yuk Simak 5 Hal Penting Ini!

Bingung memilih shower kamar mandi yang tepat? Tentunya, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli perangkat shower untuk kamar mandi. Mulai dari bentuk, desain, hingga fitur-fiturnya, maka sangat penting untuk memahami karakteristik setiap jenis shower. Karena itu, simak rangkuman di bawah ini tentang lima hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum membeli shower kamar mandi!

Baca juga: Agar Tepat Guna, Begini Cara Memilih Rak Sudut Kamar Mandi!

Kenali Dahulu Jenis-Jenis Shower Kamar Mandi

Sebelum membeli, Anda perlu mengenal jenis-jenis shower yang umum di pasaran. Dengan begitu, Anda pun akan tahu mana yang paling cocok dengan desain interior kamar mandi di rumah. Berikut adalah beberapa jenisnya. 

1. Rain Shower


Seperti namanya, cara kerja rain shower adalah memberi Anda pancaran air layaknya hujan yang turun dari langit. Desain rain shower juga beragam. Ada yang dibuat tersembunyi di atas langit-langit kamar mandi atau justru dibuat terekspos dengan pipa-pipa. 

2. Body Shower


Banyak orang memanfaatkan shower ini untuk kebutuhan terapi. Hal ini karena body shower memiliki pancaran air yang dapat diatur tingkat tekanannya. Bahkan pada level tertinggi, Anda bisa mengatur shower ini untuk menyemburkan air layaknya jet washer. Namun sayangnya, jenis shower ini terbilang boros air karena harus mengeluarkan pancaran air yang kuat secara terus-menerus. 

3. Hand Shower


Bisa dibilang, ini jenis yang paling umum di Indonesia. Selain karena sifatnya yang portable—bisa Anda gerakan ke arah manapun, tingkat pancaran air juga tersedia dalam mode kuat dan lembut. Pun yang terpenting, pemasangan shower ini terbilang simpel, seperti halnya saat kita memasang kran biasa. 

Kenali Kekuatan Pancaran Air pada Shower


Setelah mengenal jenis-jenis shower, mari perhatikan kekuatan pancaran airnya. Sebaiknya, pilih shower yang memiliki mode pengaturan air. Fitur tersebut akan memberi Anda keleluasaan untuk mengatur tekanan dan volume air yang keluar. Di sisi lain, kini banyak shower yang menawarkan fungsi refleksi bagi tubuh. Jadi, jika di rumah Anda kebetulan ada penghuni yang sudah berusia lanjut, jenis shower ini tentu akan sangat berguna bagi mereka. 

Hindari Wall Shower Jika Ingin Hemat Air


Pada dasarnya, memakai shower lebih hemat air daripada mandi dengan gayung. Namun, jika ingin lebih hemat lagi, sebaiknya hindari memasang wall shower. Mengapa? Karena posisi shower ini sifatnya permanen—menempel di dinding. Artinya, Anda tidak bisa mengatur tingkat penggunaan air sehingga banyak air yang akan terbuang percuma saat mandi. Sebaliknya, beralihlah ke hand shower yang lebih mudah pengaturan airnya. 

Cek Dahulu Saluran Air Sebelum Beli Shower


Cek saluran air terlebih dahulu sebelum membeli shower! Shower akan bekerja maksimal jika saluran air tidak tersumbat atau dalam kondisi baik. Hal ini karena perangkat mandi tersebut membutuhkan pancaran air yang kuat untuk bisa menyemburkan air secara optimal. Maka dari itu, bersihkan dahulu saluran air Anda sebelum memasang shower. Jika sudah yakin bersih, barulah pasang shower di kamar mandi.

Pilih Shower dengan Bahan Material Terbaik


Karena shower adalah investasi jangka panjang untuk kamar mandi, belilah yang berkualitas baik. Selain punya masa pakai lebih lama, shower dengan bahan material terbaik akan mengeluarkan kualitas air yang lebih bersih. Karena itu, sebaiknya hindari shower yang terbuat dari material besi. 

Shower berbahan besi sangat mudah berkarat, yang membuat aroma air yang keluar akan berbau seperti besi. Jika air dari shower tersebut tertelan, itu tentu bisa berbahaya bagi kesehatan dan juga bisa menimbulkan masalah kulit. Oleh karenanya, beralihlah ke shower berbahan stainless steel yang lebih aman dan awet. 

Jadikan 5 poin di atas sebagai pertimbangan saat memilih shower kamar mandi! Tidak ketinggalan, pikirkan juga berapa anggaran untuk membeli shower dan pastikan tidak sampai overbudget ya.

Exit mobile version