Herschel Built

Cara Membuat Desain Dapur Minimalis 2×2 agar Tetap Elegan

Membuat desain dapur minimalis 2×2 tidak mudah dilakukan. Apalagi ruang yang sempit sulit dipakai untuk meletakkan banyak barang. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapur yang space-nya minimalis bisa dimanfaatkan dengan baik. Bahkan, masih memberikan kesan elegan.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan perencanaan yang matang. Pikirkan kira-kira perabotan apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam sana. Selain itu, lakukan juga beberapa cara di bawah ini agar dapur minimalis yang Anda inginkan bisa direalisasikan.

Tips Membuat Desain Dapur Minimalis 2×2


Desain dapur minimalis dengan lahan yang sempit sebenarnya tidak terlalu rumit. Dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini, keinginan Anda bisa segera terwujud.

1. Bermain dengan Warna

Bermainlah dengan skema warna yang agak kalem dan tidak terlalu banyak pakai warna yang berani. Misal dengan menggunakan warna kombinasi putih, abu-abu, dan hitam. Warna ini akan memberikan sedikit ilusi ruangan yang luas meski sebenarnya tetap sempit.

2. Memaksimalkan Ruang dan Penataan

Hal terpenting kedua yang harus dilakukan untuk membuat dapur sempit bisa terlihat maksimal adalah penataan ruangnya. Anda bisa meletakkan wadah untuk menata perabot dan memaksimalkan semua ruangan itu. Jadi, tidak ada bagian dapur yang berantakan dan terlihat mengganggu.

Penataan ini tidak mudah karena Anda butuh cukup banyak barang di luar. Untuk itu, memaksimalkan penataan misal dengan tidak hanya menumpuk, tapi juga menggantung.

Baca juga: 10 Trik Simple Menata Furnitur Ruangan agar Tidak Sumpek

3. Memberikan Jendela

Ruangan bisa terlihat sempit kalau tidak ada ilusi yang diberikan. Misal dapur hanya berupa tembok dan tidak ada jendela di satu sisinya. Jendela akan membuat Anda lebih nyaman karena dapur terasa lebih lebar. Apalagi jendelanya mengarah ke luar, misal taman.

4. Menyembunyikan Perabotan yang Tidak Dibutuhkan

Dapur minimalis dan sangat kecil space-nya memiliki kabinet baik di atas atau di bawah. Kabinet ini dipakai untuk menyembunyikan aneka perabotan yang memang tidak dibutuhkan. Perabotan ini jadi tersimpan rapi dan tidak berantakan di luar sehingga dapur semakin sempit.

5. Menyamakan Warna Tembok dan Kabinet

Trik selanjutnya yang bisa dilakukan agar ada efek lebar di dapur minimalis adalah menyamakan warna tembok dan kabinet. Warna yang sama akan membuat benda yang menggantung seperti menyatu sehingga ruangan terlihat lebih lebar.

6. Menggunakan Tempat Penyimpanan Serbaguna

Bumbu masak yang jumlahnya ada banyak kerap membuat dapur terlihat berantakan. Anda jadi sulit merapikan dan membuat ruangan yang memang sempit semakin terlihat mini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuatnya rapi adalah dimasukkan ke ruang serba guna.

Misal dalam satu kotak besar ada kotak kecil-kecil untuk menyimpan banyak bahan atau bumbu. Tempat penyimpanan yang bisa muat banyak hal ini akan mengurangi kekacauan yang terjadi di dapur.

Hindari Kesalahan dalam Mendesain Dapur Minimalis

Ada banyak sekali kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik rumah saat mendesain dapur. Beberapa kesalahan desain dapur minimalis 2×2.

1. Memasukkan Apapun ke Dapur

Kesalahan pertama yang sering dilakukan saat mendesain dan menata dapur minimalis adalah memasukkan apa pun. Karena konsepnya minimalis, Anda hanya boleh memasukkan yang memiliki fungsi sehari-hari. Kalau jarang dipakai, lebih baik dimasukkan lemari.

Komponen utama di dapur adalah kompor, gas, peralatan untuk menggoreng, mengukur, dan mendidihkan air.  Piring dan lainnya bisa diletakkan di sana atau di sebelah dapur agar tidak banyak memakan tempat.

2.  Terlalu Tertutup

Ukuran 4 meter persegi sebenarnya tidak terlalu sempit. Namun, kalau dapurnya dibuat eksklusif seperti  kiri dan kanannya di tembok memutar. Ruangan akan terlihat sempit. Coba kalau sisi kiri dan kanannya terbuka dan menyatu dengan ruangan makan, dapur akan terlihat lebar.

Ruangan dapur utama tetap 2×2 ukurannya. Namun, karena menyatu dengan ruangan lain, kesannya jadi lebih lebar. Anda juga bisa membuat dapur dengan konsep semi outdoor agar ruangan terlihat lebih lebar.

3. Terlalu Banyak Menggantung

Perabotan yang terlalu menggantung akan membuat ruangan dengan luas berapa pun terasa sempit. Apalagi ruangannya sangat sempit seperti ukuran 2×2. Kalau Anda menggantung apa pun, tembok jadi terlihat sangat berantakan.

Membuat desain dapur minimalis 2×2 cukup tricky karena ada banyak barang yang harus masuk ke sana. Kalau ada yang dibatasi, akan sangat sulit untuk memaksimalkan fungsi dari dapur. Bahkan, dapur tidak akan bisa dipakai untuk tempat memasak yang nyaman setiap harinya. Namun, bisa diatasi asal tahu caranya.

Cara di atas hanya alternatif saja, Anda bisa menggunakan cara lain untuk mewujudkan dapur minimalis. Terakhir, saat membuat rumah atau beli rumah seken, ada baiknya untuk mempertimbangkan elemen dapur ini dengan baik. Kalau tidak bisa dibuat minimalis lebih baik tidak memaksakan diri.

Exit mobile version