Mengenal Desain Interior Bergaya Bohemian atau Boho-Chic

19 Jul 2019 | Admin

Salah satu desain interior yang cukup unik dan kerap disukai oleh banyak orang adalah jenis bohemian atau boho-chic. Gaya ini sedikit berbeda dengan desain minimalis karena konsep dari boho-chic adalah memaksimalkan apa yang ada di dalam ruangan dan menciptakan kesan nyaman meski tidak harus dengan perabot mahal.

Gaya bohemian ini sendiri sudah ada sejak abad ke-18 di kawasan Eropa. Tujuan dari gaya ini adalah untuk keluar dari tradisi yang sudah ada. Gaya ini terus bertahan sampai sekarang dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia dan juga beberapa penginapan yang menginginkan sesuatu yang unik.

Nah, untuk mengenal lebih jauh seperti apa desain interior gaya boho-chic ini, simak beberapa informasi di bawah ini.

 

Ada Banyak Jenisnya

Jenis gaya boho-chic ini ternyata banyak dan tidak hanya satu jenis saja. Setiap kawasan memiliki gaya sendiri-sendiri. Misal kawasan di Turki dan Timur Tengah dan kawasan dari Eropa. Secara konsep semuanya memiliki hal yang sama. Namun, aksen tradisional setempat tetap ada.

Karena di Indonesia tidak ada gaya boho-chic secara umum, Anda bisa mendesain sendiri apakah ingin bergaya ala Eropa atau Timur Tengah. Kalau Anda ingin memilih desain unik sendiri dan memasukkan unsur lokal Indonesia, cukup ikuti beberapa informasi selanjutnya dari artikel ini.

 

Jauh Sekali dari Kesan Mewah

Melihat dari asalnya, gaya boho-chic ini adalah perlawanan dari sesuatu yang sudah ada dan cenderung mewah. Oleh karena itu secara umum gaya dari boho-chic ini tidak mengedepankan sesuatu yang terlalu mewah dan juga mahal. Perabot jenis apa pun bisa digunakan, bahkan yang daur ulang sekali pun.

Kalau Anda ingin memiliki desain ala bohemian ini ada baiknya tidak membeli perabot modern terlalu banyak. Gunakan saja yang sudah ada dan perbaiki dengan menambahkan unsur modern agar terlihat unik.

 

Elemen Tekstil Sangat Penting

Kalau Anda suka sekali dengan gaya ala Eropa, tentu elemen tekstil tidak akan pernah ketinggalan. Elemen ini banyak digunakan untuk seprai, gorden, dan pernak-pernik lain yang akan membuat ruangan jadi nyaman dan meriah. Segala kain bisa digunakan dan tidak harus kain yang mahal.

Oh ya, karena gaya boho-chic ini dikenal bebas dan kerap menyatu dengan alam, Anda membuat kamar semi outdoor dengan kain-kain sebagai penutupnya. Lakukan eksperimen sendiri terkait dengan penggunaan tekstil. Setiap orang biasanya memiliki keunikan tersendiri. Yang penting tetap memegang konsep, semua bisa dilakukan.

 

Ada Elemen Tumbuhan di Dalam Ruangan

Karena tidak semua orang bisa hidup di luar ruangan apalagi saat tidur, konsep semi outdoor ini akhirnya disiasati dengan membawa elemen dari luar. Nah, karena di dunia luar tumbuhan adalah sesuatu yang penting, kita bisa membawa ke dalam ruangan untuk memberikan sentuhan alam.

Anda bisa menanam beberapa tumbuhan di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan. Misal sekumpulan pohon kaktus atau pohon lainnya yang tidak terlalu besar dan memberikan aksen hijau yang sangat besar. Anda bisa meletakkannya di sudut ruangan, meja, atau di mana saja yang memudahkan mata untuk memandangnya.

 

Pemanfaatan Cahaya Alami

Cahaya juga merupakan komponen penting dari suatu desain. Kalau Anda memilih desain boho-chic yang dikenal dekat dengan alam, pemanfaatan cahaya tentu disarankan berasal dari sumber alami dalam hal ini adalah cahaya matahari. Saat pagi hingga sore, manfaatkan cahaya alami itu untuk beraktivitas sehari-hari.

Karena cahaya alami bisa masuk kalau tidak banyak tembok, Anda bisa menggunakan jendela kaca, genting kaca, atau ventilasi. Intinya beri akses cahaya pada saat pagi dan sore hari agar Anda tidak terlalu banyak menggunakan listrik.

 

Perabot yang Ada Akses Vintage

Perabot yang digunakan untuk desain boho-chic ini biasanya lebih vintage. Jarang sekali barang baru yang digunakan karena unsur bohemiannya kurang bisa didapatkan. Itulah kenapa para peminat desain boho-chic lebih sering berburu perabot ke kawasan pasar loak daripada ke toko modern.

 

Harus Ada Aksen Unik

Aksen unik dari desain boho-chic sangat penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengapa aksen unik sangat penting? Karena bisa memberikan efek etnik yang cukup kenyal. Misal Anda mendesain boho-chic dengan elemen tradisional Jawa, hal unik itu akan memberikan nilai lebih dan nilai estetikanya bisa bertambah.

 

Dinding Warna Plain Lebih Disukai

Dinding dari ruangan untuk desain boho-chic ini haruslah yang plain atau tidak terlalu banyak warna. Dengan desain yang polos inilah Anda bisa dengan mudah memasang apa saja termasuk akses yang unik seperti lukisan atau hiasan lainnya di dinding tanpa terlihat mengganggu.

Hindari warna terlalu terang seperti merah atau hijau. Meski warna pada desain bohemian ini tidak terlalu diatur, kalau pakai warna putih akan jauh lebih baik dan kesan nyamannya lebih terasa.

 

Karpet untuk Lantai

Lantai ruangan untuk desain boho-chic ini tidak terlalu dipentingkan. Asal Anda memiliki karpet dengan desain untuk, bisa langsung digunakan. Kalau tidak ada karpet Anda bisa memakai kain yang agak tebal dengan motif khusus. Yang jelas kaki tidak terlalu banyak bersentuhan dengan lantai secara langsung.

 

Inilah beberapa ulasan tentang gaya boho-chic yang cocok untuk Anda penyuka keunikan. Kalau Anda bingung kalau akan menggabungkan elemen dari boho-chic yang memang ada banyak, ada baiknya untuk meminta bantuan jasa kontraktor interior design. Mereka akan membantu Anda dalam mewujudkan jenis rumah yang sesuai keinginan.

Komentar(0)

Tambahkan Komentar

Komentar akan ditampilkan setelah disetujui