8 Inspirasi Desain Kamar Tidur Bergaya Minimalis dan Nyaman

23 Jul 2019 | Admin

Salah satu ruangan paling penting di dalam rumah yang sering sekali terabaikan adalah kamar tidur. Padahal kamar tidur adalah ruangan yang paling banyak digunakan setiap hari. Mendesain kamar tidur dengan baik akan membuat Anda jadi lebih betah dan nyaman saat beristirahat.

Salah satu cara terbaik untuk membuat desain kamar tidur yang nyaman adalah membuatnya menjadi minimalis. Dengan desain yang minimalis, Anda bisa lebih nyaman saat beristirahat dari awal sampai akhir. Berikut beberapa inspirasi desain interior kamar tidur dengan gaya minimalis.

 

1. Gunakan Warna yang Hangat

Gunakan warna yang hangat di dalam ruang tidur. Anda tidak perlu memaksakan warna putih ke dalam kamar tidur kalau memang tidak menyukainya. Pakai warna yang akan memberikan suasana jadi lebih hangat dan memudahkan Anda untuk bisa tertidur dengan lebih cepat setiap harinya.

Hindari warna yang terlalu cerah seperti merah atau biru yang tidak memberikan efek cepat tidur. Selain itu, hindari juga wallpaper dengan motif terlalu rame sehingga ruang tidur yang sedang Anda gunakan tidak terlihat minimalis. Lakukan konsultasi dengan kontraktor desain interior agar pemilihan warnanya bisa sempurna.

 

2. Ciptakan Suasana Nyaman

Hal kedua setelah pemilihan warna untuk membuat kamar tidur jadi lebih nyaman dan tetap minimalis adalah menciptakan suasana jadi nyaman. Anda bisa melakukan banyak hal untuk memberikan suasana nyaman. Misal dengan tidak memajang lukisan terlalu aneh, perabot yang kurang enak dilihat, hingga meja kerja.

Karena kamar tidur difungsikan sebagai tempat untuk beristirahat, hal utama yang harus ada di sana adalah kasur dan perlengkapan di atasnya. Dengan mempertahankan fungsi utama dari kasur, Anda bisa menciptakan suasana yang lebih nyaman. Begitu masuk ke dalam kamar tidur Anda bisa langsung beristirahat.

 

3. Pilih Kasur yang Sederhana

Jenis kasur yang ada di luaran sana ada banyak. Namun, tidak semuanya cocok untuk desain minimalis. Oleh karena itu Anda disarankan untuk memilih jenis kasur yang sederhana saja. Kasur yang sederhana akan membuat Anda jadi lebih mudah tidur dan bisa menyatu dengan konsep minimalis yang sedang diciptakan.

Kasur minimalis adalah kasur yang tidak terlalu banyak memiliki ornamen. Misal ada penyangga di bagian atas untuk kepala atau hiasan lainnya. Kalau Anda memilih spring bed, usahakan yang sederhana agar tidak memberikan akses khusus di dalam ruangan. Asal nyaman dan bisa untuk tidur sudah cukup.

 

4. Hindari Banyak Perabot

Hal yang harus dipegang kalau seseorang ingin membuat desain minimalis adalah menghindari perabot yang berlebihan. Kalau Anda menggunakan perabot yang terlalu berlebihan di dalam ruangan kamar, kemungkinan besar akan memberikan kesan penuh dan tidak begitu nyaman untuk digunakan beristirahat.

Anda boleh memberikan meja di dekat kasur, tapi jangan terlalu banyak dan pastikan meja itu memiliki fungsi. Kalau meja hanya untuk hiasan saja, lebih baik dibawa keluar saja. Selain meja, kursi, hiasan, dan perabot lain kalau memang tidak berguna harus dibawa keluar agar efek minimalisnya lebih maksimal.

 

5. Hiasan Tidak Boleh Berlebihan

Bolehkan memberikan hiasan atau aksen unik di dalam kamar tidur dengan gaya minimalis? Jawabannya adalah boleh. Namun, pastikan jumlahnya tidak terlalu berlebihan. Selain itu, usahakan lokasi dari hiasan tidak bisa langsung terlihat oleh mata orang yang sedang beristirahat di dalamnya.

Misal Ana meletakkan satu lukisan di pada tembok tepat di atas kasur. Jumlah lukisan atau hiasan hanya satu saja. Hiasan ini hanya menjadi highlight saja atau pemanis kalau Anda tidak mau dinding kamar terlihat plain atau kosong.

 

6. Hindari Terlalu Banyak Gadget

Hindari terlalu banyak gadget atau perangkat elektronik di dalam kamar. Salah satu fungsi dari kamar adalah untuk tidur. Kalau terlalu banyak perangkat elektronik di dalam kamar tidur, gangguan akan sering terjadi. Misal Anda jadi sering bermain dengan ponsel atau laptop.

Kalau memang tidak dibutuhkan, jangan letakkan perangkat elektronik di dalam kamar tidur. Apalagi kalau sampai ada televisi yang sangat mengganggu istirahat. Hanya meletakkan perangkat yang dibutuhkan saja khususnya untuk komunikasi seperti ponsel.

 

7. Beri Beberapa Lapisan Lampu

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan dari kamar tidur adalah lampu. Anda bisa mendesain lampu agar tidak terlalu terlihat mencolok seperti digantung begitu saja. Anda bisa membuat lapisan lampu seperti lampu terang kalau masih beraktivitas lalu ada lampu redup untuk beristirahat. Lapisan lampu ini akan mempertahan sisi minimalis dari ruangan.

 

8. Proporsi Perabot Harus Sempurna

Salah satu kesalahan terbesar saat mendesain kamar tidur yang memiliki konsep minimalis adalah tidak paham proporsi perabotan. Boleh jadi Anda sudah mengeluarkan semua perabotan yang tidak berguna dan hanya memasukkan satu atau dua biji saja yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Sayangnya perabotan yang ada di dalam kamar tidur itu justru terlalu besar dan ukurannya tidak proporsional jika dibandingkan dengan kasur. Jadi, selalu bandingan perabot yang masuk ke kamar dengan komponen utamanya. Kalau terlalu besar atau kecil jadi tidak terlihat menarik dan terkesan aneh.

 

Inilah beberapa inspirasi desain interior kamar tidur yang bisa Anda aplikasikan untuk membuat waktu istirahat jadi berjalan dengan sempurna. Kalau Anda kebingungan untuk melakukan desain interior minimalis untuk kamar tidur, saat ini sudah ada banyak kontraktor interior yang akan membantu Anda dalam hal ide dan pengaplikasian.

Komentar(0)

Tambahkan Komentar

Komentar akan ditampilkan setelah disetujui