7 Contoh Interior Kantor yang Bisa Jadi Inspirasi untuk Founder Startup

13 Dec 2018 | Admin

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pengusaha dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Salah satu metodenya adalah dengan mendesain ruangan sehingga mampu memberikan rasa nyaman dan terlihat begitu menarik. Cara seperti ini pun kerap digunakan oleh para perusahaan besar dalam negeri dan mancanegara.

Desain interior menarik yang mampu meningkatkan produktivitas karyawan tersebut menjadi hal yang layak ditiru oleh para founder startup. Anda pun bisa menemukan banyak contoh interior kantor yang bisa diterapkan. Dari beragam pilihan, berikut ini 7 desain ruangan kantor unik dan atraktif yang bisa Anda jadikan acuan:

1. YouTube

Berkunjung ke kantor pusat YouTube di San Bruno, California Amerika Serikat, suasana menyenangkan bakal langsung terasa. Bangunan kantor terlihat begitu ceria dengan pemilihan warna merah yang cukup dominan. Tak ketinggalan, kantor YouTube juga disertai dengan berbagai fasilitas hiburan.

Di kantor ini, Anda bisa menemukan keberadaan seluncuran selayaknya seperti di wahana permainan. Selain itu, karyawan juga dapat memanfaatkan kolam renang indoor yang telah disediakan perusahaan. Menariknya lagi, para karyawan YouTube

diperbolehkan untuk membawa hewan peliharaan ke kantor.

2. Bukalapak

Suasana ceria yang ada di kantor pusat Bukalapak di Jakarta juga bisa jadi pertimbangan contoh interior kantor yang dapat ditiru. Sebagai perusahaan yang didominasi oleh anak muda, tidak heran kalau suasana ruangan yang atraktif dan penuh warna bisa ditemukan di sini.

Fasilitas hiburan juga dapat ditemukan secara lengkap di dalam kantor pusat Bukalapak. Anda dapat menjumpai lapangan basket, tenis meja, ataupun konsol game. Untuk area kerja, Bukalapak sengaja mendesain ruangan kantornya secara terbuka yang memudahkan para karyawan dalam berkolaborasi. 

3. Ogilvy & Mather Indonesia

Kantor cabang perusahaan periklanan Ogilvy & Mather yang berlokasi di Jl. Asia Afrika Nomor 8, Jakarta Pusat juga begitu menarik. Bekerja di kantor ini, para karyawan pun akan merasakan suasana yang tak kalah nyamannya seperti berada di rumah. Oleh karena itu, para founder startup bisa menjadikan kantor ini untuk contoh desain interior kantor.

Penggunaan cat yang penuh warna menjadi hal yang terlihat begitu mencolok di kantor Ogilvy & Mather Indonesia. Ada pula sofa panjang yang bisa digunakan sebagai sarana untuk bersantai. Tidak ketinggalan, kantor ini juga punya tangga dengan desain cantik yang begitu instagramable. Dijamin, para karyawan tak bakal stres kalau bekerja dengan suasana kantor seperti ini.  

4. Invention Land

Perusahaan asal Amerika Serikat bernama Invention Land, punya desain kantor yang begitu atraktif. Kantor perusahaan ini terbagi dalam 16 ruang yang memiliki temanya masing-masing. Anda pun bisa menjumpai ruangan yang hadir dengan tema bajak laut, rumah pohon, kastil kuno, dan lain-lain.

Contoh desain interior kantor dari Invention Land ini pun sangat cocok untuk perusahaan yang berkecimpung dalam industri kreatif. Apalagi, pihak perusahaan sengaja melakukan renovasi besar-besaran dengan waktu perencanaan dan pembangunan mencapai 30 bulan dengan tujuan untuk memancing pikiran kreatif para karyawan.   

5. Airbnb

Perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan penginapan murah di berbagai dunia ini juga layak untuk menjadi contoh interior kantor yang menarik. Beragam jenis lukisan yang lucu dan unik terpampang pada dinding kantor. Fasilitas yang tersedia di dalam kantor juga begitu lengkap.

Mengenai tingkat kenyamanan, Anda tak perlu mempertanyakannya lagi. AirBnB sengaja mendesain ruangan kantor bekerja para karyawannya seperti ruang keluarga di rumah. Para karyawan dapat berkolaborasi dan berdiskusi di ruangan yang disertai dengan meja dan kursi yang biasa dijumpai di rumah-rumah. Tak cukup sampai di situ, pihak kantor juga menyediakan area dapur yang memungkinkan karyawan memasak sesuka hati.  

6. Traveloka

Suasana yang tak kalah seru dan menyenangkan juga dihadirkan oleh Traveloka, perusahaan penyedia layanan pemesanan hotel dan tiket pesawat. Berkunjung ke kantor pusat Traveloka di Palmerah, Jakarta Barat, tampak warna biru yang dominan begitu menyegarkan mata.

Para karyawan Traveloka yang berada di dalam kantor tak sekadar menghabiskan waktunya untuk bekerja. Di dalam kantor pun tersedia area bersantai yang begitu nyaman. Tak ketinggalan, terdapat pilihan permainan seru yang bisa dijadikan sebagai sarana mengasah otak.

7. LinkedIn

Terakhir, Anda bisa menjadikan kantor pusat LinkedIn di New York, Amerika Serikat sebagai contoh interior kantor yang atraktif. Suasana yang menarik dapat dijumpai sejak area ruang resepsionis yang penuh dengan warna. Memasuki area kantor yang lebih dalam, Anda pun bisa menjumpai suasana yang begitu jauh dari kesan kantor formal.

Anda akan mendapati beragam mural yang membuat suasana ruangan begitu ceria. Tak ketinggalan, deretan sarana hiburan juga dapat dijumpai di kantor LinkedIn. Bahkan, para karyawan bisa menikmati fasilitas bioskop sendiri. Untuk urusan makanan, ada kantin yang siap sedia dengan beragam menu gratis.

Selain itu, kantor LinkedIn ini juga punya sebuah ruangan yang bisa dibilang cukup misterius. Ruangan ini memiliki fungsi yang tak begitu jelas. Di bagian dinding ruangan ini, Anda bisa mendapati sebanyak 133 telepon zaman dulu yang tergantung begitu rapi. Telepon-telepon tersebut pun ditata sehingga terlihat begitu menarik.

Melihat contoh interior kantor dari perusahaan-perusahaan tersebut, terlihat begitu jelas bahwa mereka berani mengeluarkan dana yang tak sedikit untuk memberikan kenyamanan bagi karyawan. Hasilnya pun bisa dirasakan secara langsung lewat produktivitas karyawan yang tinggi.

Anda bisa pula memperoleh manfaat seperti itu. Untuk pilihan desain interior, Anda bisa mempercayakannya kepada Herschel Built, perusahaan desainer interior ternama di Jakarta. Kami siap membantu Anda dalam mendesain ruang kantor yang atraktif dan mampu mendorong produktivitas karyawan.

Tags:

Komentar(0)

Tambahkan Komentar

Komentar akan ditampilkan setelah disetujui