5 Contoh Desain Interior Rumah Minimalis Modern 2019

01 Aug 2019 | Admin

Seiring dengan berjalannya waktu, desain interior rumah berkembang dari awalnya menampilkan sisi estetika saja, menjadi lebih minimalis dan elegan. Desain minimalis banyak dipilih oleh pemilik rumah atau pemilik proyek perumahan atau apartemen karena lebih sesuai dengan zaman. Desain interior yang minimalis juga memberikan banyak kelebihan dari sisi kenyamanan.

 

Contoh Desain Interior Minimalis untuk Rumah

Berikut beberapa contoh desain minimalis untuk rumah modern yang bisa Anda gunakan sebagai rujukan. Desain ini membahas beberapa bagian rumah yang utama, tidak secara umum atau keseluruhan.

 

1. Desain Kamar Tidur

Ada dua komponen penting dari kamar tidur yang harus Anda penuhi agar kesan minimalisnya terasa. Pertama adalah kasur yang tidak terlalu banyak ornamen. Pemilihan seprai juga memengaruhi kesederhanaan ruangan. Pastikan kasur dan apa yang ada di atasnya senada.

Meja kursi dan perabot lain seperti lemari usahakan yang senada juga. Letak dari perabot ini juga tidak boleh berdekatan dan tidak mengisi semua ruangan di kamar. Kalau lemari pakaian atau kloset bisa diletakkan di bawah kasur akan lebih baik.

 

2. Desain Dapur

Dapur juga disarankan memenuhi konsep sederhana mulai dari perabot hingga ornamen di sekelilingnya. Kalau Anda memiliki banyak perabot, ada baiknya diletakkan di dalam lemari saja. Yang ada di luar hanya kompor dan beberapa perabot yang sering digunakan setiap hari. Jadikan satu antara dapur dan ruang makan agar tidak berlebihan.

 

3. Desain Kamar mandi

Kamar mandi bisa memilih konsep shower daripada yang memiliki bak mandi. Satukan toilet dengan tempat mandi agar tidak banyak sekat yang digunakan. Jangan beri hiasan apa pun di dalam kamar mandi. Cukup rak untuk sabun dan perlengkapan mandi lainnya.

 

4. Desain Ruang Kerja

Zaman sekarang bekerja dari rumah bukanlah sesuatu yang baru. Beberapa pekerja freelancer banyak bekerja dari rumah dan butuh ruangan kerja yang minimalis. Ruangan kerja ini harus memiliki warna kalem seperti putih yang akan memberikan efek tenang dan konsentrasi.

Pastikan hanya ada meja, peralatan kerja, dan papan to do list. Selebihnya Anda tidak perlu memasukkan banyak hal. Mungkin tanaman hijau di sudut ruangan bisa diberikan untuk memberikan efek relaksasi.

 

5. Desain Ruang Tamu

Karena ruangan tamu memang digunakan sebagai tempat untuk show off. Beri sentuhan unik di beberapa bagian saja, misal tembok atau lampu. Selebihnya di ruang tamu hanya perlu ada meja, kursi, dan tanaman kecil di atas meja. Memberi banyak perabot akan membuat ruang tamu terlihat penuh.

 

Cara Memasukkan Unsur Minimalis Desain Rumah

Kontraktor interior rumah tidak akan sembarangan memasukkan berbagai perabotan di dalam ruangan untuk mendapatkan desain minimalis. Ada beberapa pertimbangan yang mereka miliki seperti beberapa hal di bawah ini.

 

1. Menghilangkan Sesuatu yang Tidak Berguna

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat rumah jadi lebih minimalis dan juga elegan adalah menghilangkan sesuatu yang tidak berguna. Misal Anda punya ruangan yang penuh dengan hiasan dinding atau perabot lain. Karena tidak semua perabot atau hiasan itu diperlukan, ada beberapa atau semua harus dilepas.

Intinya, ruangan yang akan didesain lain menjadi lebih minimalis harus dibuat bersih terlebih dahulu. Kalau sudah tidak ada perabot yang mengganggu, barulah pengaturan bisa dilakukan sesuai konsep yang sudah dimiliki sebelumnya.

 

2. Melakukan Pengaturan Perabot

Atur perabot yang sesuai dengan desain yang sudah dimiliki sebelumnya. Kalau ada beberapa yang tidak diperlukan, Anda tidak perlu memaksakannya. Beberapa orang kerap merusak desain minimalis dari suatu ruangan dengan memasukkan perabot yang tidak berguna hanya karena sayang kalau tidak dipakai.

Sekali lagi, konsep minimalis adalah meminimalkan apa yang ada pada ruangan agar terlihat lebih elegan dan memberi efek tenang. Kalau Anda tetap memasukkan apa saja ke dalam ruangan, kemungkinan besar ruangan akan jadi penuh dan sesak. Efek atau kesan santainya tidak akan muncul.

 

3. Menyederhanakan Skema Warna

Salah satu ciri khas dari desain minimalis rumah modern adalah memiliki skema warna yang seragam. Warna yang digunakan juga cenderung kalem seperti putih, abu-abu, atau warna lain asal masih senada. Pola warna campuran tidak disarankan karena tidak memberikan kesan minimalis.

Sebelum melakukan desain pada interior ruangan, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan kontraktor desain interior yang dimiliki. Minta mereka membuat desain interior dari warna yang Anda sukai, misal biru atau abu-abu. Selanjutnya mereka akan membuatkan desain sesuai keinginan.

 

4. Fokus pada Fungsi

Apa saja yang dimasukkan dalam ruangan harus memiliki fungsi. Kalau bisa memiliki fungsi ganda. Kalau tidak memiliki fungsi sama sekali dan hanya memenuhi ruangan, lebih baik tidak digunakan. Oleh karena itu pilih perabot dengan baik agar semua fungsi perabot yang dimasukkan bisa maksimal.

Jangan membeli perabot yang akan dimasukkan ke dalam ruangan terlebih dahulu. Kalau ruangan sudah jadi dan desainnya sudah keluar beserta skema warnanya, barulah perabot bisa dibeli. Cat dinding bisa menyesuaikan dengan warna perabot karena zaman sekarang pemilihan warna lebih mudah dilakukan daripada memilih warna perabot.

Demikianlah beberapa contoh desain rumah minimalis mulai dari kamar mandi, kamar tidur, hingga rumah tamu dan ruang makan. Dari ulasan di atas kita bisa membuat sedikit kesimpulan kalau rumah minimalis butuh pemanfaatan fungsi dari perabot, bukan estetika semata. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Komentar(0)

Tambahkan Komentar

Komentar akan ditampilkan setelah disetujui