10 Desain Interior Ruang Tamu Minimalis Modern untuk Rumah Anda

10 Jul 2019 | Admin

Salah satu bagian dari rumah yang menjadi daya tarik tersendiri baik pada pemilik atau tamu yang datang adalah ruang tamu. Singkatnya, ruang tamu adalah tempat untuk bisa show off atau pamer kepada orang lain apa yang kita miliki. Itulah kenapa mendesain ruang tamu yang benar sangat dianjurkan.

Nah, ruang tamu tidak melulu banyak dengan pajangan atau perabot yang mewah. Ruang tamu bisa didesain cukup minimalis dengan mempertimbangkan banyak aspek. Berikut beberapa contoh desain interior rumah minimalis ruang tamu yang bisa Anda terapkan agar ruang tamu terlihat lebih nyaman.

 

1. Cat Tembok Usahakan Warna Putih

Usahakan untuk memilih warna putih pada tembok. Pemilihan warna putih ini penting karena bisa memberikan efek sederhana dan juga nyaman. Meski mendesain ruangan menjadi minimalis, bukan berarti kita tidak mempertimbangkan sisi nyaman yang harus didapatkan oleh tamu.

Kalau Anda tidak mau cat tembok dengan warna hanya putih saja, ada baiknya untuk memilih yang warnanya kalem dan senada. Misal biru dengan tetap ada campuran putih agar tidak terlalu kuat dan kesan nyamannya tidak ada.

 

2. Jangan Banyak Perabotan

Aturan pertama yang harus dilakukan kalau ingin mendapatkan ruang tamu yang minimalis adalah menyederhanakan perabotan. Tidak perlu semua hal dipamerkan di dalam ruangan ini. Selalu perhatikan fungsi dari perabot yang ada di ruang tamu dan pastikan semuanya berguna.

Dalam ruang tamu hanya perlu ada meja, kursi, dan beberapa hiasan saja. Selebihnya tidak perlu diberikan lagi. Apalagi kalau sampai diberi televisi atau perlengkapan elektronik lainnya.

 

3. Ada Highlight di Dalam Ruangan

Ruangan yang terlalu putih dan senada memang memberikan efek tenang. Namun lama-lama akan ada titik jenuh di dalamnya. Itulah kenapa kita butuh daya tarik di dalam ruangan agar terlihat unik. Misal di dalam ruangan yang putih Anda memasukkan kursi dengan desain untuk atau hiasan lainnya.

 

4. Tetap Pertahankan Gaya yang Anda Miliki

Minimalis selalu identik dengan menghilangkan semua hal dan membuat sesuatu jadi sederhana. Meski menyederhanakan banyak hal, bukan berarti gaya yang Anda miliki hilang begitu saja. Tetap pertahankan gaya yang dimiliki, tapi tetap bertumpu dari fungsi perabot yang ada di dalam ruang tamu agar tidak berlebihan.

 

5. Beri Sentuhan Hijau dari Tanaman

Beri sentuhan hijau di dalam ruang tamu untuk dijadikan highlight. Misal Anda tidak punya lukisan atau sesuatu yang akan dijadikan daya tarik, tanaman hijau bisa menjadi solusi yang lebih mudah. Anda bisa meletakkan tanaman hijau di pojok ruangan yang ada mejanya, di tengah meja, atau di dekat jendela. Jangan menggunakan tanaman yang terlalu besar. Cukup yang kecil asal proporsinya tepat.

 

6. Beri Sedikit Efek Dramatis

Beri sedikit efek dramatis kalau Anda tidak bisa memberikan sesuatu yang unik untuk perabotnya. Efek dramatis ini bisa dilakukan dengan memberikan warna yang berkebalikan. Misal kalau perabot dan dinding memiliki aksen putih, Anda bisa menggunakan gorden hitam sehingga efek dramatisnya terlihat sempurna.

Selain di gorden, Anda juga meletakkan efek dramatis di bagian lain misal lampu yang menggantung atau peralatan lain yang masih memiliki fungsi. Lakukan trial and error untuk mendapatkan efek dramatis yang sempurna.

 

7. Hiasan Boleh, Tapi Tidak Berlebihan

Memberikan hiasan di dalam ruang tamu dalam bentuk lukisan atau sejenisnya boleh dilakukan. Kalau memang itu bagian dari style yang Anda miliki. Namun, pastikan untuk tidak menaruh semua lukisan terlalu banyak. Kalau Anda menaruh lukisan terlalu banyak, kemungkinan besar merusak gaya minimalis. Pilih saja satu yang bisa menjadi highlight ruangan.

 

8. Memodernisasi Perabot Tua

Minimalis tidak harus berhubungan dengan perabot yang sudah modern. Justru perabot tua masih bisa digunakan dengan sedikit sentuhan modern. Hasilnya Anda akan mendapatkan ruangan dengan desain minimalis, tapi tetap memiliki sedikit unsur vintage yang cukup kuat. Perabot tua jangan langsung disingkirkan begitu saja dari ruangan, ya!

 

9. Harus Ada Pemandangan ke Luar

Unsur minimalis akan lebih terasa kalau Anda bisa melihat pemandangan luar ruangan dari jendela atau pintu yang ada kacanya. Jadi, ruang tamu akan terlihat lebih lebar dari sebelumnya. Kalau Anda belum mendesain ruang tamu secara minimalis, pertimbangkan masalah pemandangan dari luar.

Selain memberikan efek luas dari ruang tamu yang Anda miliki, ruangan juga bisa terlihat lebih terang. Efek penerangan ini tidak hanya berasal dari genteng yang diberi kaca atau lampu, tapi juga dari jendela. Di luar jendela Anda bisa meletakkan banyak tanaman untuk memberikan kesan nyaman dan adem.

 

10. Pencahayaan yang Sempurna

Usahakan untuk memiliki pencahayaan yang sempurna. Dengan pencahayaan yang sempurna inilah ruangan akan terlihat lebih sempurna. Meski memiliki desain minimalis atau kontemporer sekalipun kalau ruangan terlihat gelap, efek suram akan lebih terasa. Oleh karena itu pastikan pencahayaannya sempurna.

Pencahayaan ini bisa berasal dari lampu atau berasal dari cahaya matahari. Kalau malam hari gunakan lampu yang cukup terang. Selanjutnya saat pagi atau siang hari, memanfaatkan cahaya matahari dengan memasukkannya

Inilah beberapa contoh desain interior rumah minimalis di bagian ruang tamu. Kalau Anda bisa mengaplikasikan semua desain di atas, ruang tamu akan menjadi lebih minimalis dan terlihat nyaman. Namun, kalau tidak bisa semuanya, pilih beberapa bagian yang penting seperti tidak memasukkan banyak perabot berlebihan dan terlihat penuh. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Komentar(0)

Tambahkan Komentar

Komentar akan ditampilkan setelah disetujui