Kontraktor Interior Ritel

Berada di ruangan yang sama selama berjam-jam setiap hari, tentu dapat menimbulkan kebosanan. Terlebih jika desainnya terkesan monoton dan hanya berupa perkakas utama serta hiasan dinding berupa lukisan. Bahkan, mungkin dinding dibiarkan kosong dengan warna cat netral seperti hitam, putih, krem. Tentu, jenuh akan melanda dan membuat malas ketika hendak memasukinya.

Nah, bagi Anda yang ingin mempercantik dan mengubah desain interior ruangan—baik kamar tidur, ruang kerja, ataupun ruang rapat—dapat menggunakan jasa kontraktor interior ritel. Selain lebih praktis, Anda pun hanya perlu menunjukkan desain yang sudah dibuat dan mengutarakan detailnya, lalu pihak kontraktor akan mewujudkan.

Apa Saja Cakupan Kerja Kontraktor Interior Ritel Itu?

Kontraktor interior ritel lebih mengarah pada tim yang akan mengerjakan apa yang Anda minta untuk dikerjakan, bukan yang Anda butuhkan. Pihak kontraktor hanya akan merealisasikan gambar yang sudah Anda rancang sebelumnya menjadi bentuk nyata. Lantas, seperti apa cakupan kerja dari kontraktor interior tersebut?

1. Membelanjakan bahan sesuai yang tertulis dalam perencanaan

Sebelum memesan jasa kontraktor untuk mendekor ulang interior ruangan, Anda terlebih dahulu sudah membuat rancangan anggaran sesuai ide desain yang diinginkan. Pasalnya, lingkup kerja kontraktor interior ritel tidak mencakup pada pembuatan RAB karena itu merupakan bagian sipil dan tim. Meski tidak menutup kemungkinan tim kontraktor interior dapat menjadi teman konsultasi, akan tetapi hanya sebatas itu, tim tidak ikut campur dalam pembuatan anggaran.

Usai menerima rancangan anggaran beserta keterangan bahan apa saja yang dibutuhkan, pihak kontraktor interior akan langsung membelanjakannya sesuai permintaan. Mereka akan memastikan semua bahan yang Anda perlukan sudah tersedia.

2. Mengerjakan sesuai gambar yang sudah diberikan oleh klien

Begitu bahan sudah didapatkan, tim kontraktor interior ritel akan langsung mengerjakan sesuai dengan gambar yang sudah dibuat, sampai bagian terkecil. Pada saat proses pengerjaan, Anda dapat tetap mendampingi untuk memastikan jika semua sudah sesuai dengan desain.

Dalam hal ini, seperti RAB, desain juga berasal dari Anda sendiri. Tim kontraktor tidak menerima pembuatan desain. Tim hanya akan mengerjakan gambar yang sudah jadi, maka tidak heran jika waktunya relatif lebih cepat. Meski pihak kontraktor tidak menutup diri dari adanya masukan dari Anda dalam proses pengerjaan.

3. Melakukan finishing

Begitu ruangan sudah berhasil didesain sesuai arahan gambar yang didapat, tim kontraktor akan memastikan semuanya sesuai hingga bagian terkecil—bahkan akan melakukan finishing dengan memberikan sedikit sentuhan pemanis jika memang diperlukan. Ketelitian dan kerapian menjadi poin penting pada bagian ini, sebelum nantinya hasil ditunjukkan pada Anda untuk mendapat review.

Tips memilih kontraktor interior ritel yang tepat

Pekerjaan tim kontraktor interior membutuhkan ketelitian tinggi lantaran harus memperhatikan bagian yang terkecil sekalipun. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih jasa kontraktor interior.

Berikut 5 tips untuk memilih kontraktor interior ritel yang tepat untuk Anda.

1. Cek Portofolio dan Hasilnya

Di zaman serba canggih ini, tentu akan sangat mudah menemukan jasa kontraktor interior. Namun, Anda harus mengecek portofolio para klien yang pernah menyewa jasa dari kontraktor pilihan tersebut. Alangkah lebih baik lagi, bila Anda meminta izin untuk melihat hasilnya secara langsung—bukan melihat gambar—serta berbincang dengan klien dalam portofolio tersebut untuk dapat meyakinkan diri. Dengan banyaknya review positif yang didengar, maka dapat dipastikan bila kontraktor tersebut adalah tim yang tepat untuk mengubah desain ruangan Anda.

2. Pastikan Kredibilitas Kontraktor

Memastikan kredibilitas kontraktor interior juga penting. Anda dapat mengecek surat-surat izin yang dimiliki, sertifikasi profesi dari para tim yang akan menangani, hingga bagian asuransi serta peralatan yang akan digunakan. Bahkan, menanyakan bahan apa saja yang akan mereka pakai nantinya untuk desain ruangan Anda pun perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan ketika pengerjaan.

3. Sesuaikan dengan Ide Desain Anda

Beberapa kontraktor memiliki spesialisasi masing-masing. Untuk itu, Anda dapat berhati-hati dengan memastikan jika tim kontraktor pilihan dapat mengerjakan proyek sesuai ide desain yang sudah Anda buat. Lebih mudahnya, Anda dapat menyewa jasa kontraktor interior pada perusahaan skala besar yang memiliki beberapa divisi. Contoh saja Herschell Built. Jadi, hasil akan sesuai dengan yang diharapkan.

4. Dapatkan Kontraktor yang Mudah Diajak Bekerja sama

Tiap anggota tim dalam kontraktor interior, tentu memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang mudah diajak dalam bekerja sama dan tidak terlalu memaksakan kehendak. Namun, ada juga yang terlalu menekan dan sulit diajak komunikasi. Untuk itu, pilih yang mudah agar pekerjaan lebih cepat selesai. Semakin enak proses komunikasi yang terjalin, akan lebih mudah bagi Anda menjelaskan detail desain yang sudah dibuat.

5. Pelajari Kontrak Sebelum Pengerjaan Dimulai

Teliti menjadi kunci utama Anda sebagai calon penyewa. Jangan sampai lengah dengan langsung menandatangani kontrak tanpa membaca. Untuk itu, Anda perlu memahami detail kontrak dan mengomunikasikan dengan kontraktor pilihan sebelum proses pengerjaan dilakukan. Jadi, baik Anda maupun tim mendapatkan kenyamanan tanpa ada kesalahpahaman di akhir nantinya.

Nah, itulah cakupan kerja kontraktor interior ritel serta tips yang dapat Anda pakai untuk memilih kontraktor yang tepat agar hasil sesuai harapan. Ingat ya, jika kontraktor interior tidak seperti kontraktor bangunan yang mengerjakan semuanya. Fokusnya hanya pada desain interior ruangan baik kamar, kantor, ruko, kafe, maupun hotel. Seperti Herschel Built yang khusus penanganan desain agar suasana ruangan Anda menjadi lebih nyaman dan sedap dipandang.