Kontraktor Interior Kantor

Sebelum era milenium, desain interior kantor masih terikat dengan aturan bahwa ruang kerja harus terlihat formal. Namun, kesan kaku dan monoton pada kantor mulai tergeser sejak munculnya perusahaan digital besar seperti Google, Apple, dan Facebook. Mereka menampilkan kantor modern yang menginspirasi kontraktor interior kantor untuk menyajikan desain yang lebih kreatif dan berwarna.

Tak hanya dari sisi estetika, ruang kerja dengan desain modern juga mampu meningkatkan produktivitas dan mengubah cara pandang karyawan terhadap kantor. Ruang kantor modern umumnya tidak terlalu luas. Mereka lebih banyak diwarnai sentuhan desain minimalis yang mengedepankan kesederhanaan dan elemen-elemen yang berfungsi maksimal. Inilah beberapa ide penataan ruangan untuk Anda yang ingin membuat kantor baru bernuansa minimalis modern.

1. Gunakan Dominasi Warna Cerah

Warna cerah mudah dipadukan dengan berbagai warna yang lain. Pilihan warna cerah dapat menjadikan kesan lapang pada ruangan. Untuk dinding, gunakan warna yang sesuai dengan bisnis Anda. Untuk bisnis startup misalnya, cocok menggunakan warna hangat dan ceria. Aplikasi warna cerah dapat dilakukan pada dinding atau perabot. Supaya perpaduan warnanya terlihat serasi, pastikan terlebih dahulu konsep apa yang akan  Anda terapkan.

2. Maksimalkan Fungsi Cermin dan Kaca

Anda boleh menempatkan cermin besar pada dinding. Boleh juga menjadikan cermin sebagai penyekat antara ruangan satu dengan yang lain. Sifat cermin yang mampu memantulkan cahaya pada dinding memberikan kesan luas dalam ruangan.

Jika Anda menggunakan dinding kaca di salah satu sisi ruang kantor, dapat difungsikan sebagai pengganti white board atau papan tulis. Di dalam ruangan kerja, papan tulis sangat penting sebagai sarana penunjang presentasi atau rapat. Namun, papan tulis yang berukuran besar sangat memakan tempat sehingga lebih baik digantikan dengan kaca besar. Di sana Anda dapat menempal karton untuk mencatat hasil pertemuan yang sedang berlangsung.

3. Pilih Rak Bertingkat untuk Penyimpanan Dokumen

Dokumen terkait perusahaan dan proyek kantor harus disimpan di tempat yang mudah dijangkau agar dapat digunakan sewaktu-waktu. Untuk menghindari pemborosan ruang karena adanya lemari arsip berukuran besar, Anda dapat menyediakan ruang arsip tersendiri. Letakkan rak bertingkat di dalamnya untuk menyimpan dokumen. Penggunaan rak bertingkat dapat menekan kebutuhan tempat serta menjadikan ruang lebih menarik.

4. Memilih Furnitur Sederhana

Pada ruang kantor konvensional biasanya terdapat set meja dan kursi tersendiri untuk karyawan. Meja besar dan berat dengan warna kayu, sudah sepatutnya ditinggalkan untuk memberikan nuansa modern dan minimalis di kantor Anda.

Anda dapat mengambil contoh desain Industrial yang memberikan area luas untuk mendorong produktivitas dan kerja sama antarsesama rekan kerja. Menggunakan logam dengan kombinasi area hijau di tempat-tempat strategis menjadikan desain modern Industrial menarik bagi pekerja modern.

Pilihlah meja dengan sentuhan gaya lebih kreatif dengan menempatkan meja panjang yang merapat ke dinding. Meja panjang tersebut dapat digunakan bersama beberapa karyawan. Untuk membagi area dan memberikan sedikit privasi, buatlah sekat antar bagian. Meja panjang ini membuat ruang lebih efisien dan nyaman bagi karyawan.

Selain meja, pilihlah furnitur lain yang fleksibel. Anda bisa membelinya secara terpisah, tidak harus langsung satu set. Untuk kursi, perhatikan sisi ergonomisnya supaya kenyamanan tetap terjaga.

5. Membagi Ruangan Kantor Secara Efisien

Ciptakan ruang kerja yang terbagi secara efisien. Misalnya, memisahkan ruangan untuk dokumen untuk kegiatan fotokopi dan penyimpanan alat-alat kantor. Bagi ruang kantor yang sempit, umumnya terdapat sudut-sudut yang belum dimanfaatkan. Contohnya, di bagian bawah tangga. Jika mencukupi, Anda dapat menempatkan meja kerja di sana. Hiasi dengan dekorasi yang menarik, supaya terlihat lebih hidup. Umumnya, kontraktor interior kantor dapat memberikan ide pembagian ruangan yang lebih efisien bagi Anda.

6. Menggunakan Dekorasi Sederhana

Kantor minimalis perlu dilengkapi dengan dekorasi yang minimalis juga. Meski dekorasi dibuat dari bahan yang mewah, usahakan mampu menghasilkan kesan sederhana. Dekorasi berupa hiasan dinding atau poster kanvas dengan kata-kata motivasi, dapat meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Anda bisa meniru desain kantor modern dengan gaya abad pertengahan. Desain ini mengetengahkan konsep dengan siluet minimalis, bentuk alam, dan garis-garis halus. Apabila Anda memilih untuk menggunakan wallpaper, pilihlah yang bercorak minimalis dan tidak terlalu tebal. Rujuklah kontraktor interior kantor pilihan Anda untuk mendapatkan saran.

7. Maksimalkan Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami bisa diperoleh dari kaca yang dipasang di dalam ruangan. Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya supaya kantor terlihat lapang, dan lebih terang. Penerangan yang baik tak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga menghindarkan karyawan dari cepat lelah dan sakit kepala.

Kantor minimalis kebanyakan menggunakan lampu gantung dengan desain sederhana. Penggunaan lampu gantung akan menghasilkan kesan lebih lega pada ruangan. Pilihlah lampu minimalis yang paling sesuai dengan konsep desain interior kantor Anda. Lampu gantung pada langit-langit juga memiliki keunggulan berupa desain yang artistik dan tidak mengganggu pekerjaan di dalam ruangan.

8. Buat Ruangan Nyaman

Kenyamanan ruangan bisa didapatkan dengan menghadirkan suhu sedang di dalamnya. Tidak terlalu dingin, usahakan mendekati suhu normal ruangan untuk meningkatkan produktivitas. Pastikan sirkulasi udara di dalam ruangan lancar.

Manfaatkan jendela sisi ruang sebaik mungkin. Jendela sisi umumnya digunakan pada kantor yang berada di gedung bertingkat tinggi. Selain membuat ruangan terlihat luas, suasana hati pekerja di dalamnya juga menjadi lebih baik karena dapat melihat pemandangan di luar.

Untuk menambah kenyamanan, berikan pewangi ruangan dengan aromaterapi. Misalnya, aroma pinus, kayu manis, dan lavender. Meletakkan tanaman hidup juga akan membantu meningkatkan kenyamanan di dalam ruangan.

Membuat desain internal kantor dengan beberapa ide di atas, sebaiknya dilakukan sebelum kantor dibuat. Jika tidak mendesainnya dari awal, akan sedikit repot, dan perlu melakukan banyak perubahan untuk penyesuaian. Pilihlah kontraktor interior kantor yang dapat melayani konsultasi sebelum kesepakatan desain ruangan dilakukan.