Temukan 6 Ide Kitchen Set Jakarta untuk Dapur Impian di Rumah

03 Jan 2019 | Admin

Saat Anda hendak melakukan renovasi rumah, semua harus dipertimbangkan masak-masak. Apalagi, jika ingin mengubah total tampilan dapur. Salah satunya dengan mengganti kitchen set lama. Untuk itu, Anda butuh ide dan inspirasi kitchen set Jakarta seperti apa yang tengah menjadi tren ataupun model klasik nan timeless.

Mengingat merombak dapur butuh dana besar, Anda jelas tidak ingin main-main. Sebisa mungkin, cukup satu atau dua kali saja merenovasi dapur di rumah. Agar pemakaian dapur tetap efisien dan efektif untuk jangka waktu lama, menggunakan jasa desainer kitchen set profesional adalah pilihan bijak.

 

Mengenal Custom Kitchen Set

Bekerjasama dengan kontraktor kitchen set akan menghemat tenaga, waktu, dan anggaran. Anda tinggal menyampaikan bagaimana kriteria dapur impian, seperti apa saja yang harus ada, desain kitchen set, area penyimpanan, pemilihan material, dan anggaran yang dimiliki.

Cabinetry custom seperti ini menawarkan lebih banyak pilihan ketimbang jenis kabinet RTA (ready to assemble). Bicara soal harga, tampak besar di awal, tetapi sepadan dengan kualitas cabinetry yang Anda peroleh. Plus, Anda tidak akan dipusingkan dengan perbaikan mandiri sana-sini karena tahu cabinetry yang dipasang berkualitas premium.

Lalu, apa saja tipe kitchen set Jakarta yang paling umum ditemui?

Model dasar

Model ini adalah cabinetry standar yang dimiliki kebanyakan rumah dan terletak di bagian bawah countertop. Mempunyai ukuran umum dengan tinggi 90 cm dan kedalaman 60 cm, Anda dapat menyesuaikan ukurannya untuk memberi ruang penyimpanan ekstra. Umumnya, lemari ini punya satu laci, beberapa pintu tergantung panjang lemari, dan rak tiga atau dua tumpuk.

Wall cabinets

Lemari jenis ini mempunyai kedalaman standar 30-45 cm. Dipasang di atas countertop dan kompor, biasanya lemari ini menempel ke dinding. Ketinggian lemari pun dapat diatur, apakah mau full hingga menyentuh langit-langit rumah maupun tidak.

Tall cabinets

Jenis ini lebih sering dipakai pada bagian pantri. Ketinggian standar bervariasi antara 2-2,4 meter, tergantung tinggi plafon rumah Anda. Biasanya, model cabinetry ini memberikan ekstra ruang penyimpanan pada barang-barang dapur, seperti bahan makanan atau peralatan dapur lain.

 

6 Ide Kitchen Set Jakarta

Apakah mungkin mengkombinasikan ketiga model cabinetry tadi? Tentu saja. Semua bergantung kembali pada keinginan, selera, dan anggaran Anda. Cukup sampaikan hal ini pada kontraktor sedetil mungkin. Nanti, mereka akan merancang sesuai deskripsi yang Anda utarakan.

Nah, sebagai inspirasi, simak 6 ide kitchen set Jakarta untuk dapur impian di rumah.

Cabinetry minimalis untuk kesan rapi

Minimalis memang tidak pernah salah. Gaya ini cocok untuk Anda yang mengedepankan prinsip sederhana dan praktis. Walau sedikit menggunakan elemen dekoratif, tampilan dapur terasa modern dan lebih rapi.

Contoh, ganti kenop pada laci dengan pegangan dari sisi atas pintu laci yang dipotong melengkung atau cut-out handholds. Ini cocok diterapkan pada lemari berbahan kayu untuk tampilan yang lebih hangat dan unik.

Stainless steel mencuri perhatian

Anda penggemar gaya industrial? Coba terapkan kitchen set berbahan stainless steel di dapur rumah. Selama masih serasi dengan tampilan rumah secara keseluruhan, model lemari ini lebih mudah dibersihkan dan dirawat.

Sebagai aksen, Anda bisa menyisipkan unsur kayu perabotan dapur yang digunakan. Misalnya, talenan dan sendok kayu. Lalu, taruh satu pot kecil di sudut ruangan maupun tanaman microgreens di dekat jendela untuk mempermanis tampilan dapur.

Padu padan material kitchen set

Sulit memilih antara dua material? Coba padu padankan keduanya saat membuat kitchen set. Misalnya, mayoritas lemari terbuat dari kayu. Sentuhan industrial bisa disisipkan dengan menggunakan stainless steel sebagai laci atau handle di pintu lemari. Tidak hanya sesuai dengan peralatan dapur lain seperti kompor atau oven, tetapi juga menambah nuansa modern pada dapur Anda.

Kejutan warna hijau toska

Ingin sedikit berbeda? Minta kontraktor mengecat bagian dalam lemari dengan warna hijau toska. Lalu, pakai pintu kaca dengan lis berwarna putih untuk melengkapi countertop dan basic cabinet berwarna sama. Padu padan kedua warna itu mampu menghidupkan suasana dapur, sekaligus memberi sentuhan berbeda pada cabinetry klasik berwarna putih.

Dua warna lebih menarik

Apakah cabinetry harus satu warna? Tidak juga. Anda bisa menerapkan dua warna yang saling melengkapi agar terlihat lebih selaras. Beberapa paduan warna menarik antara lain, biru gelap dan abu-abu, biru laut dan putih, hijau gelap dan hijau lumut, merah dan kuning, dan tentu saja hitam putih.

Buat lemari dapur dengan dua warna atau terapkan pada bagian backsplash sebagai elemen pencuri perhatian dapur Anda. Jika tidak ingin terlalu menonjol, tempatkan satu warna pada pintu lemari, sementara warna lain menghias ornamen dekoratif dapur. Ide yang cukup segar!

Permainan pola menarik

Anda pecinta pola? Tuangkan ide tersebut pada dapur Anda dengan memainkan beberapa pola unik pada setiap elemen dapur. Sebagai contoh, pasang lemari dapur berwarna netral dengan bingkai pada pintu. Pilih marmer bermotif unik sebagai countertop kitchen set. Padukan dengan backsplash keramik yang menghadirkan pola bernuansa vintage.

Alternatif lain, sisipkan pola berbentuk berlian pada pintu kaca lemari dapur. Trik ini dapat berpadu manis dengan cabinetry bernada putih klasik. Untuk memperkuat tampilan, Anda bisa menghadirkan backsplash putih dengan pola susunan batu bata.  

 

Jadi, sudah menemukan ide kitchen set Jakarta untuk mewujudkan dapur impian di rumah?

Komunikasikan setiap detil gagasan Anda pada kontraktor interior kitchen set. Mulai dari model, material lemari, countertop, warna, ornamen dekoratif, backsplash, serta lighting. Semakin rinci Anda menyampaikan informasi itu, semakin mudah bagi kontraktor dalam mewujudkan kitchen set premium untuk dapur impian di rumah Anda.

Tags:

Komentar(0)

Tambahkan Komentar

Komentar akan ditampilkan setelah disetujui