Menciptakan Nuansa Nyaman pada Kamar Tidur Anak

09 Oct 2017 | Admin

Kamar tidur anak berbeda dengan kamar tidur orang dewasa. Anak harus benar-benar diperhatikan psikologisnya terutama saat mendesain untuk interior kamarnya. Apalagi anak-anak memiliki karakter yang unik serta kemauan yang berbeda-beda satu sama lain sehingga konsep desain antara satu anak dengan anak lainnya pun tidak sama meskipun kembar. Mendalami karakter anak menjadi dasar bagi para orang tua saat membangun kamar untuk buah hatinya. Dan itu juga bisa berubah saat anak beranjak dewasa yang otomatis secara konsep dirinya pun ikut berubah. Maka sangat bijak bagi para orang tua untuk memahami sifat dan kemauan anak-anak mereka sebelum membuatkan kamar khusus bagi mereka. Sangat direkomendasikan agar sebelumnya anak diajak untuk berkonsultasi terlebih dulu agar mereka turut merasa dihargai pendapatnya.

Di kota besar banyak jasa desain interior yang bisa dijadikan tempat konsultasi. Salah satu jasa desain interior di Jakarta yang cukup dikenal luas oleh berbagai kalangan adalah Herschel Built. Konsep-konsep yang ditawarkan dalam membangun interior juga cukup unik dan bisa disesuaikan dengan luasnya kamar itu sendiri. Termasuk juga bujet yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Konsultan interior bisa diajak berdiskusi terlebih dulu bagaimana membangun interior yang cocok untuk kamar anak. Di sini nanti akan digali mengenai sifat anak yang bisa dijadikan referensi awal dalam membangun sketsa konsep.

Umumnya anak-anak masih suka dengan tokoh film seperti superhero maupun kartun. Menonjolkan salah satu tokoh idolanya sebagai ornamen dinding maupun wallpaper juga disarankan sehingga imajinasi anak bisa terbangun. Namun bagi yang ingin desain universal pun tidak masalah asalkan bisa memilih yang sesuai dengan karakter anak. Jangan sampai anak bosan berada di kamarnya sendiri. Sebagai konsultan desain interior di Jakarta, Herschel Built memiliki banyak contoh-contoh referensi kamar anak yang bisa dijadikan rujukan awal sesuai dengan karakter mereka. Pilihannya pun bervariasi, mulai dari kamar minimalis hingga kamar modern tergantung dari luasnya itu sendiri. Warna yang tersedia juga tidak monoton sehingga anak tetap bisa merasakan fantasinya saat berada di dalam kamar. Usia-usia dini menjelang remaja memang harus difasilitasi dengan ruangan yang mendorong daya pikir kreatif.

Dalam memilih furnitur, konsultasikan juga dengan tim Herschel Built agar orang tua tidak salah pilih. Salah pilih dalam arti furnitur untuk orang dewasa yang dipaksakan masuk ke kamar anak-anak. Bentuknya tidak harus menggambarkan tokoh karakter tertentu. Furnitur bisa ditempel dengan stiker yang menonjolkan konsep desain interior sesuai yang direncanakan. Beberapa bentuk kursi, meja dan tempat tidur saat ini sudah banyak yang sesuai dengan dunia anak-anak. Selain dari sisi praktis dan minimalisnya, sisi psikologis ramah anaknya juga ada.  Referensi contoh desain interior di Jakarta khusus untuk kamar anak ini bisa didapat juga dari Herschel Built.

Selain dari sisi penampilan dan daya tarik interior, perhatikan juga penggunaan bahan-bahan untuk ornament kamar anak. Hindari bahan-bahan yang tidak aman bagi kesehatan anak. Apalagi jika mereka masih di bawah usia 10 tahun, di mana daya tahan tubuh masih sangat rentan dan mudah terinfeksi dengan bahan-bahan yang berbahaya. Sebaiknya konsultasikan terlebih dulu bahan apa yang akan digunakan agar anak selamat dari bahan berbahaya tersebut. Jangan sampai hanya memikirkan sisi impresinya saja dan mengabaikan hal terpenting lainnya seperti kesehatan dan kenyamanan psikologis.

Komentar(0)

Tambahkan Komentar

Komentar akan ditampilkan setelah disetujui