Ingin Karyawan Betah? Hadirkan Desain Ruang Kantor ala Rumah Saja!

21 Dec 2018 | Admin

Seseorang akan merasa sangat nyaman ketika berada di dalam rumah. Oleh karena itu, dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan rumah untuk kantor ataupun desain ruang kantor yang sengaja dibentuk selayaknya sebuah rumah, mulai banyak bermunculan.

Di luar negeri, pemakaian rumah untuk kantor disebut dengan istilah small office home office atau SOHO. Desain ruang kantor ala rumahan ini biasanya ditujukan untuk unit usaha kecil dengan jumlah karyawan antara 1 sampai 10 orang.

Desain kantor semacam ini, awalnya menjadi pilihan yang tepat untuk para pelaku usaha konsultan. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, jenis usaha lainnya juga dapat memanfaatkan desain ruang kantor ala rumah. Apalagi, berkat teknologi internet, kolaborasi jarak jauh bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Selain memberi rasa nyaman, desain ruang kantor seperti ini juga memberikan efisiensi pengeluaran. Pengusaha tidak perlu menyewa ruang kantor dengan ukuran yang besar. Sebagai gantinya, bisa memanfaatkan rumah sendiri ataupun memilih untuk mengontrak rumah dengan harga yang relatif lebih murah.

 

Tips Merancang Desain Ruang Kantor ala Rumah

Cara untuk membangun home office juga tidak terlalu sulit. Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk dapat menghadirkan desain ruang kantor ala rumah, yakni:

1. Gunakan lokasi ruangan yang strategis

Pemilihan lokasi menjadi faktor yang krusial ketika ingin membangun home office. Anda harus memastikan bahwa posisi ruangan nyaman untuk ditempati. Suasana di dalamnya tidak terlalu bising, memiliki sirkulasi udara yang baik, dan memungkinkan para karyawan untuk bekerja tanpa gangguan.

2. Pemakaian perabotan yang minimalis

Pertimbangan selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika membangun desain ruang kantor ala rumah adalah terkait pemakaian perabotan. Hindari perabotan dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, pilih perabotan yang benar-benar dibutuhkan dan fungsional.

Meminimalkan perabotan di home office sangat penting demi mendapatkan kerapian. Dengan suasana yang rapi, siapapun yang berada di dalam ruangan pun akan memiliki pikiran yang segar. Tidak terganggu dengan barang-barang yang berserakan tidak jelas.

3. Pastikan untuk memilih kursi yang nyaman

Dari sekian banyak perabotan yang penting dalam membangun home office, Anda harus secara khusus melakukan pemilihan kursi. Jangan sembarangan dalam membeli kursi, apalagi kursi dengan harga yang murah dari bahan plastik.

Pertimbangkan untuk berinvestasi menghadirkan rasa nyaman dengan membeli kursi yang berkualitas. Tak ada salahnya pula ketika memilih kursi dengan penampilan yang cantik serta ergonomis.

4. Sembunyikan kabel

Kabel yang terlihat di berbagai sudut ruangan menjadi hal yang harus Anda hindarkan ketika membangun desain ruang kantor ala rumah. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memakai perangkat elektronik dengan teknologi nirkabel. Kalau perlu, pilih perangkat elektronik yang serbaguna untuk mengefisienkan pemakaian ruangan.

Kalaupun terpaksa memakai perangkat yang disertai kabel, pastikan memiliki trik untuk menyembunyikannya. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan memakai PVC. Selain itu, penggunaan velcro untuk menyembunyikan kabel juga cukup efektif.

5. Manfaatkan teknologi digital

Tumpukan kertas menjadi hal yang harus Anda hindarkan ketika membangun desain ruang kantor ala rumah. Sebagai gantinya, minimalkan pemakaian kertas dan beralih ke dunia digital. Cara ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memberikan penghematan pengeluaran.

Selain itu, pemanfaatan dunia digital juga memberikan keuntungan berupa kemudahan dalam berkolaborasi. Anda pun bisa menjumpai beragam platform online yang menyediakan layanan ini.

6. Sediakan akses internet yang andal dan super cepat

Akses internet menjadi kebutuhan yang krusial dalam membangun desain ruang kantor ala rumah. Keberadaannya juga sangat penting untuk meminimalkan pemakaian kertas. Oleh karena itu, jangan sekadar memilih layanan internet yang murah, tetapi pertimbangkan untuk menggunakan jaringan internet yang berkualitas dan andal.

Sebagai tambahan, sediakan pula router wifi untuk menghadirkan konektivitas internet secara nirkabel. Apalagi, perangkat yang membutuhkan koneksi internet tidak hanya berupa komputer. Perangkat lainnya seperti, smart TV, smartphone, laptop, dan semacamnya juga butuh akses internet.

7. Go green

Ketika membangun home office, pastikan untuk menghadirkan suasana segar ke dalam ruangan. Caranya, Anda bisa memanfaatkan penempatan tanaman hijau. Kehadiran tanaman, tidak hanya memberikan rasa sejuk, tetapi juga terlihat harmonis dengan beragam jenis cat yang digunakan pada dinding.

8. Manfaatkan pencahayaan alami

Hal yang tak kalah pentingnya ketika membangun desain ruang kantor ala rumah adalah terkait pemanfaatan sumber cahaya alami. Alih-alih memasang terlalu banyak lampu, Anda bisa memakai jendela dan membiarkan sinar matahari masuk dengan begitu mudah.

Pencahayaan alami tak hanya sekadar mampu menerangi ruangan. Penggunaan cahaya natural, seperti yang terkuak dalam berbagai penelitian, mampu meningkatkan mood dan menghindarkan diri dari risiko depresi. 

9. Hadirkan sumber inspirasi dalam ruangan

Terakhir, Anda bisa menambahkan sentuhan berupa sumber inspirasi ke dalam desain ruang kantor ala rumah yang tengah dibuat. Sumber inspirasi itu bisa berupa apa saja. Misalnya, sebuah foto, karya seni lukisan, action figure, dan semacamnya.

Itulah tips yang dapat Anda terapkan dalam menghadirkan desain ruang kantor ala rumah. Anda pun tidak perlu repot dalam mendesain home office tersebut. Ada layanan dari Herschel Built yang siap membantu.

Herschel Built merupakan desainer interior ruangan yang berpengalaman dalam mengerjakan beragam jenis proyek, termasuk desain ruang kantor ala rumah. Dengan pemanfaatan ruang yang tepat, Anda pun bisa memperoleh interior kantor sesuai dengan konsep yang diinginkan.

Tags:

Komentar(0)

Tambahkan Komentar

Komentar akan ditampilkan setelah disetujui