5 Keuntungan Memiliki Ruang Kantor Minimalis untuk Perusahaan Kecil

23 Jan 2019 | Admin

Memiliki ruang kantor yang luas dan nyaman menjadi impian bagi sebagian besar pengusaha. Hanya saja, tak semua orang bisa mewujudkan keinginan tersebut, apalagi bagi pengusaha kecil yang memiliki dana terbatas. Alih-alih dipakai untuk mendesain kantor yang lebih besar, dana berlebih sebaiknya dipakai untuk kepentingan bisnis lain yang lebih mendesak.

Selanjutnya, Anda pun tetap bisa menghadirkan ruang kantor yang nyaman meski tak memiliki ruangan luas. Suasana yang nyaman tersebut bisa Anda hadirkan dengan menggunakan konsep desain interior minimalis. Penggunaan konsep ini memungkinkan para karyawan merasa nyaman dan di waktu yang sama, memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Ketika menggunakan desain ruang kantor yang minimalis, Anda akan memperoleh 5 keuntungan utama, yaitu:

 

1. Desain interior kantor yang benar-benar bermanfaat

Keuntungan pertama dari desain interior kantor yang minimalis adalah fungsionalitasnya yang sangat tinggi. Ketika mendesain ruangan secara minimalis, Anda hanya menyediakan perangkat yang terbatas kepada para karyawan. Namun, perangkat yang ada, benar-benar bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas.

Keberadaan perangkat terbatas tersebut pun jauh lebih bermanfaat dibandingkan perabotan mewah dan canggih yang ternyata jarang dipakai. Selain berpengaruh buruk pada produktivitas karyawan, keberadaan perabotan mewah dan canggih itu juga begitu membebani pengeluaran.

Di samping itu, pembelian perabotan juga dilakukan dengan sangat selektif. Anda tidak perlu memikirkan perlengkapan dengan beragam fasilitas di dalamnya. Sebagai gantinya, Anda hanya memerlukan perangkat dengan fungsi dasar yang memang benar-benar dibutuhkan karyawan.

 

2. Meningkatkan kolaborasi dan kerjasama tim

Desain interior kantor minimalis mendorong pemakaian ruangan yang terbuka. Penataan ruangan seperti ini, sangat penting untuk mendorong adanya komunikasi di antara para karyawan.

Di waktu yang sama, desain ruangan seperti ini juga membuat pikiran menjadi lebih fresh. Oleh karena itu, tidak heran kalau beragam jenis perusahaan yang berkecimpung di industri kreatif memilih menggunakan desain interior kantor minimalis.

Di waktu yang sama, konsep ruangan terbuka pada desain ruang kantor minimalis juga berimbas pada hubungan sosial yang positif di antara para karyawan. Bahkan, hubungan antara bawahan dan atasan tidak akan terlalu berjarak lewat konsep ruangan ini.

 

3. Sarana untuk menarik talenta baru

Para karyawan muda yang masuk dalam generasi milenial memiliki kepribadian yang bebas. Mereka tak mau terpenjara dalam ruangan kantor yang tidak menyenangkan. Hal ini bisa didapatkan lewat desain interior kantor minimalis yang bakal memberi rasa nyaman dalam bekerja.

Ruang terbuka yang mendorong adanya kolaborasi, menjadi ajang untuk unjuk kemampuan diri bagi para karyawan milenial. Para karyawan yang berusia muda pun bisa mengungkapkan segala ide kreatif yang ada di pikirannya dengan begitu mudah. Konsep ruangan terbuka, memastikan bahwa ide mereka didengar secara langsung oleh pimpinan perusahaan.

Dengan desain ruangan semacam ini, tak heran kalau bakal muncul banyak talenta muda yang bersinar di dalam perusahaan. Hal tersebut kemudian menjadi ciri khas tersendiri dari perusahaan yang mampu menarik calon karyawan muda bertalenta lainnya.   

 

4. Ruang untuk berkembang

Membiarkan banyak ruang yang kosong pada desain interior kantor minimalis merupakan kesempatan untuk berkembang di masa depan. Ruang yang terlihat luas, membuat Anda tak kesulitan ketika ingin merekrut karyawan tambahan.

Selain itu, desain ruang kantor yang minimalis juga membuat pengusaha dapat mengubah tata ruang dengan begitu mudah. Dengan jumlah perabotan yang tak terlalu banyak, penataan ruangan bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Kalau mau, pihak perusahaan pun bisa memanfaatkan ruang kosong yang ada untuk memberi kenyamanan lebih bagi para karyawan. Hal ini kerap dilakukan oleh para perusahaan besar dunia. Sebagai contoh, perusahaan seperti Google, YouTube, ataupun Facebook yang menyediakan area khusus bagi para karyawan untuk bersantai.

 

5. Biaya perawatan dan operasional kantor yang ekonomis

Hal yang tak kalah pentingnya, konsep ruang kantor minimalis bisa menjadi sarana penghematan untuk perusahaan. Selain tak perlu membeli perabotan dalam jumlah yang banyak, biaya perawatannya juga tidak terlalu besar. Anda tak perlu merekrut karyawan terlalu banyak yang bekerja hanya untuk membersihkan ruang kantor.

Selain itu, konsep ruangan kantor yang minimalis juga berimbas nyata pada biaya operasional kantor. Biasanya, perusahaan yang menerapkan konsep ruang kantor minimalis melakukan aktivitasnya secara paperless. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan beragam pencatatan secara digital.

Dengan cara seperti itu, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk pembelian kertas. Sebagai gantinya, Anda hanya perlu menyediakan biaya berlangganan akses internet yang disertai sarana penyimpanan awan premium. Di waktu yang sama, konsep paperless ini juga menjadi wujud ramah lingkungan yang bisa Anda terapkan di kantor.  

 

Itulah 5 keuntungan utama yang bisa didapatkan pengusaha kecil ketika menggunakan konsep ruang kantor yang minimalis. Keuntungan-keuntungan tersebut pun memberikan peluang bagi perusahaan untuk berkembang menjadi perusahaan yang lebih besar. Apalagi, perlu Anda ketahui bahwa desain ruang kantor yang atraktif dan nyaman, menjadi salah satu cara tersendiri untuk meningkatkan brand perusahaan.

Para pengusaha kecil pun bisa memanfaatkan keuntungan desain ruang kantor minimalis tersebut untuk berkembang. Apalagi, solusi untuk memiliki desain interior kantor minimalis yang atraktif bisa Anda dapatkan dengan begitu mudah lewat layanan dari Herschel Built.

Herschel Built menyediakan one stop solution untuk pembuatan beragam konsep ruangan, termasuk desain ruang minimalis. Proses desain ruangan, realisasi desain, serta beragam pekerjaan sipil siap kami kerjakan. Anda pun tinggal menunggu hasil desain ruangan minimalis yang istimewa.

Komentar(0)

Tambahkan Komentar

Komentar akan ditampilkan setelah disetujui